Menjaga ketahanan baterai laptop

Tahukah anda bagaimana menjaga ketahanan baetrai laptop anda?

Disini ada beberapa tips dan penjelasan mengenai perawatan terhadap baterai laptop anda yang saya sadur dari artikel yang saya dapat di internet

semoga bermanfaat buat anda.

Perawatan

 

  1. Jika anda membeli Laptop baru, biasanya akan di berikan baterai dalam kondisi belum terisi (Discharged), maka lakukan pengecasan sampai baterai terisi penuh sebelum anda mengaktifkan laptop anda untuk pertama kali.
  2. Jangan biarkan laptop anda tidak aktif dalam waktu yang cukup lama. Direkomendasikan setidaknya aktifkan laptop anda 2 atau 3 minggu sekali. Tetapi apabila laptop sudah tidak dipergunakan dalam waktu yang cukup lama maka sebelum digunakan lakukan seperti langkah pertama.
  3. Jika anda ingin menyimpan laptop anda dalam waktu lama, ada baiknya anda melepas baterai dari laptop anda dan menyimpanya ditempat yang sejuk, bersih dan kering. Adalah normal jika baterai menjadi hangat dan kehilangan power dalam keadaan tidak di pergunakan.
  4. Jangan korsletkan baterai laptop anda karena dapat mengakibatkan kerusakan fatal.
  5. Jangan pukul atau banting baterai laptop anda baik sengaja ataupun tidak karena dapat menyebabkan rusaknya selsel pada baterai.
  6. Jauhkan baterai laptop anda dari api dan sumber panas atau membakar baterai karena dapat mengakibatkan ledakan jika baterai di tempatkan pada suhu yang sangat tinggi.

Mengecas laptop anda Sebuah penyakit umum pada baterai Ni-Cad adalah “memory effect” atau efek lupa. Jika anda melakukan pengecasan ulang sebelum baterai benar-benar dalam keadaan kosong atau anda melakukan pengecasan setiap kali anda menggunakan laptop anda, maka baterai akan terkena penyakit lupa ini.

Sebagai ilustrasi jika anda menggunakan baterai laptop anda sebanyak 50% kemudian baterai tersebut di cas, nantinya baterai tersebut akan lupa dengan sisa 50% yang berlum terpakai. Pada penggunaan selanjutnya baterai akan mengabaikan 50% yang dimilikinya tersebut (Lupa). Ni-Cad batteries suffer from what’s called the “memory effect”. This means that if a battery is continually only partially discharged before re-charging, the battery “forgets” that is has the capacity to further discharge all the way down. (www.prioritylaptopbattery.com) Untuk menghindari hal tersebut, adalah dengan melakukan 1 siklus penuh pengosongan dan pengisian setidak nya 1 bulan sekali. Caranya yaitu biarkan laptop anda aktif sampai baterai benar-benar kehabisan power kemudian cas (Charge) hingga penuh sebelum dipergunakan kembali. Penyakit ini tidak akan berpengaruh pada baterai Ni-Mh dan Li-Ion.

 

Selamat melakukan perawatan.

Sumber:

http://www.prioritylaptopbattery.com/faq.htm

http://rahmat.polinpdg.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: